Peralatan Elektronika Ini Wajib Kamu Miliki

Halo apa kabar pembaca setia Mas Glend 😎

      Pada postingan kali ini saya akan sharing mengenai peralatan/tools yang digunakan dalam dunia elektronika. Bisa dikatakan peralatan ini wajib. Bahkan saya sebagai pemula sering menggunakan peralatan ini. Mengapa? Karena nantinya alat ini dapat anda pakai untuk menunjang beberapa proses dalam kegiatan elektronika. Seperti contoh ketika anda ingin membuat board rangkaian, memperbaiki suatu rangkaian yang rusak atau sekedar mengecek kelayakan suatu komponen elektronika.

Peralatan Elektronika Ini Wajib Kamu Miliki
     
        Beberapa peralatan dalam elektronika ada yang tergolong sangat penting. Seperti contoh Osiloskop maupun Generator Fungsi. Kedua peralatan tersebut banyak digunakan untuk penelitian dilaboratorium. Osiloskop dapat digunakan untuk melihat bentuk gelombang masukan/keluaran dengan 4 tipe gelombang yakni : sinusoidal, kotak, segitiga dan gigi gergaji. 

      Sedangkan Generator Fungsi dapat digunakan untuk membangkitkan gelombang pada tegangan masukan sesuai dengan amplitudo dan frekuensi yang anda dibutuhkan. Namun pada postingan kali ini saya akan sedikit membahas beberapa peralatan sederhana yang harus dibutuhkan untuk menunjang beberapa kegiatan dalam elektronika. Berikut daftar peralatan yang sering saya gunakan. Mari kita simak dengan seksama :

1.  Bor PCB (Printed Circuit Board)

Bor PCB (Printed Circuit Board)

Alat ini berfungsi untuk melubangi papan rangkaian (PCB). Jumlah lubang tergantung jumlah kaki setiap komponen. Dipasaran bor mini seperti diatas sudah dilengkapi dengan mata bor dan kuncinya. Namun untuk penggunaannya membutuhkan adaptor bisa juga menggunakan power supply, sesuai tegangan input yang dibutuhkan. Rata-rata ukuran mata bor yang sering digunakan adalah 0,8mm. Tergantung dari ukuran masing-masing kaki komponen. 

2.  Tang Potong/Catut/Buaya

Tang Potong/Catut/Buaya

Tang dalam kegiatannya di elektronika sangat dibutuhkan. Diantaranya adalah untuk memegang komponen yang berukuran kecil, memotong kabel maupun digunakan untuk mencabut komponen. Menurut pengalaman, biasanya ketiga opsi tang sudah dibuat dalam satu paket tang serbaguna. Jadi lebih mudah dan praktis untuk digunakan.

3. Cutter

Cutter

Cutter tergolong benda-benda tajam. Dalam elektronika dapat kita gunakan untuk mengerik, mengikir dan mengupas jalur-jalur rangkaian apabila terjadi short(konslet) diantara kaki komponen. Cutter juga bisa diganti dengan gunting atau bisa juga menggunakan tang potong sesuai kebutuhan anda. Akan tetapi menurut saya cutter lebih enak digunakan untuk mengikir jalur pada PCB.

4.  Solder

Solder

Solder digunakan untuk melelehkan timah yang terdapat pada jalur agar komponen dapat melekat kuat dengan papan rangkaian. Pilihlah jenis solder sesuai kebutuhan anda. Ada yang wattnya kecil, sedang maupun yang besar (30, 40, 60)W. Ada yang berbentuk pensil seperti gambar diatas atau yang berbentuk seperti pistol. Ada juga tipe solder dengan kontrol temperatur otomatis. Mata solder (tip) dapat diganti apabila rusak atau sudah tidak berfungsi. Mata solder harus dipilih sesuai dengan pengaplikasiannya, untuk mendapatkan hasil solderan terbaik.

5.  Arpus Solder & Timah

Arpus Solder & Timah

Fungsi arpus yaitu untuk memudahkan melekatnya timah apabila kaki komponen atau jalur rangkain sulit untuk disolder karena kotor. Sedangkan timah digunakan untuk melekatkan kaki komponen pada jalur rangkaian. Beberapa komponen yang disimpan dalam jangka waktu lama pada bagian kaki biasanya akan mengalami karatan serta kotor. Pada kasus seperti ini arpus solder diharapkan mampu mengatasi hal tersebut.

6.  Penyedot Timah

Penyedot Timah

Penyedot timah atau istilah lainnya solder penyedot berfungsi untuk menyedot timah hasil dari solderan yang tidak rapi serta kurang bagus. Penyedot timah ini dapat dioperasikan dengan cara yang sederhana yakni cukup menekan push button dengan posisi tuas dalam keadaan siap untuk menyedot.

7.  Tatakan Solder

Tatakan Solder

Tatakan solder berfungsi untuk mengamankan solder agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Sekaligus sebagai dudukan solder. Di pasaran tatakan tersebut sudah dilengkapi dengan spons pembersih. Atau bisa jadi dijual secara terpisah.

8.  Obeng Serbaguna


Obeng yang sering saya pakai yakni jenis plus dan minus. Karena saya gunakan hanya sekedar untuk membuka sekrup pada casing suatu alat. Namun apabila anda butuh yang lebih lengkap, anda dapat membeli satu paket lengkap yang ada dipasaran seperti gambar diatas.

9.  Multimeter

Multimeter

Multimeter saya gunakan untuk megecek adanya tegangan input maupun output pada suatu rangkaian. Sesuai namanya, multimeter diatas dapat digunakan untuk mengukur nilai arus (I) dan resistansi (R). Multimeter ada 2 jenis yaitu digital dan analog. Tipe yang saya pakai seperti gambar diatas adalah jenis analog. Ada kelebihan tersendiri jika memakai tipe digital. Yakni nilai yang terukur pada display akan lebih akurat dan teliti. Biasanya multimeter dengan tipe digital banyak digunakan untuk kegiatan penelitian di Laboratorium.

10.  Catu Daya / Power Supply

Catu Daya / Power Supply

Catu Daya / Power Supply digunakan untuk menyediakan tegangan input (Vin) untuk suatu rangkaian atau alat. Tegangan output power supply bervariasi. Ada yang 3V-12V bahkan ada yang sampai 50V DC. Tergantung kebutuhan anda. Prinsip kerja dari power supply sendiri yaitu menyearahkan tegangan AC (bolak-balik) menjadi tegangan DC (searah).

11.  Tool Box

Tool Box

Tool Box penting anda butuhkan untuk menyimpan beberapa peralatan yang telah saya sebutkan diatas. Karena dengan Tool Box anda dapat menyimpan semua peralatan dalam satu tempat dengan mudah dan bisa dibawa kemana-mana. Tersedia dalam berbagai ukuran kecil, sedang maupun yang besar.  

Sekian tips dari saya semoga bermanfaat bagi anda semua. Apabila dirasa ada yang kurang bisa menambahkan dikolom komentar  πŸ™

88 comments:

  1. Dulu pas PKL di Bandung,, aku sudah tidak asing lagi dengan perlatan - peralatan diatas,, hanya saja belum ada kesempatan untuk mempraktikannya dalam kehidupan sehari - hari,,, bahkan pakai multimeter saja akau belum memahaminya secara langsung,, hanya sekedar baca - baca saja dari internet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga mas terlebih ini mau PKL mau tidak mau kemana2 harus siaga bawa alat ini

      Delete
    2. klo PKL kan lebih enak bawa panci ama mie instan, mas?

      Delete
    3. Siap jaga2 kalau perut sedang lapar

      Delete
  2. Alat-alat diatas memang cukup vital buat para penggiat servis elektronik, satu aja kurang, bisa berabe urusannya ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas saya pernah mengalami itu. Akhirnya malah repot

      Delete
  3. kalau saya sih cuman punya tang,solder,obeng dan timah aja mas

    soalnya bukan teknisi sih,cuman buat jaga2 kalau ada kabel yg terputus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah lumayan mas karena solder dan timah sangat diperlukan apabila terjadi kerusakan misalnya ada kabel yang terputus

      Delete
  4. Saya cuma punya cutter mas hehe, oya obeng juga. Jarang perbaiki elektronik soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe bisa untuk jaga-jaga kok mas

      Delete
  5. jadi teringat pas sekolah SMP dulu.. ketika ikut pelajaran teknik elektro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kangen masa-masa SMP. Cuman kalau sekarang mapelnya diganti prakarya mungkin

      Delete
  6. paling sedia sih obeng, tang cucut, tespen, sama solder ada tapi rusak, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya testpen juga penting untuk mengecek adanya tegangan muehehe

      Delete
  7. jadi inget dulu ketika sering ngoprek perangkat elektronika, semua peralatan diatas emang wajib ada di toolbox saya waktu itu...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Elektronika memang asyik dan ruang lingkupnya tidak seperti elektro arus kuat

      Delete
  8. salam kenal sobat kunjungan pertama
    gak trlalu bnyk komentar heheheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas Sella heheheh
      Monggo mas

      Delete
  9. Saya kurang paham masalah elektronik tapi memang peralatan itu sering aku lihat pada teman aku yang tukang servis elektronik. Ternyata lumayan banyak ya alatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya ada yg masih kurang yaitu protoboard/breadboard

      Delete
  10. melihat peralatan sebagian besar penar mengenal waktu SMP mas dengan mata pelajaran eletronik. Walau terlihat sederhana, namun alat-alatnya harus diingat terlebih dalam penyimpanannya ya kang, kalau hilang bisa merepotkan juga. Dan saya setuju dengan adanya tempat tool box untuk penyimpanan alat-alat tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling penting adalah cara perawatan dan perbaikannya mas. Kalau bisa jangan terkena debu dan terhindar dari kelembapan. Toolbox sangat praktis dan efisien mudah dibawa kemana-mana

      Delete
  11. Yang kupunya catut sama pisau dapur doang mas..
    Wah, ni mas nya lengkap alatnya, kelihatan klo anak elektronika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pisau dapur bisa dikatakan wajib karena fungsinya sangat vital menurut saya heheheh

      Delete
  12. Ini mah tukang service atuh hehehe... sebagian udah ada yang tak punyai tapi ngak semuanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan juga. Tapi kalau tukang service wajib punya semua mas

      Delete
  13. Kalau peralatannya ya sudah sering lihat, tapi tidak punya peralatan itu, dan cara menggunakannya pun tak tahu, waduh harus tanya yang punya kali ya biar tahu cara menggunakannya
    Suka lihat box nya, bisa buat simpan peralatan dapurku hehe ... becanda pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. box nya multifungsi ya, mbak?

      Delete
    2. Box yang paling trend ada loo Tupp****** hehehe

      Delete
  14. Jadi inget jaman smp dulu, waktu pelajaran elekronika suruh bikin nama pake lampu merah kecil2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah membuat tapi waktu itu masih running led

      Delete
  15. orang perempuan cuma tengok sahaja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk sekali-kali boleh dicobain mbak anies

      Delete
  16. Jadi inget jaman kuliah, makul elektronika dan instrumetasi Mas. Bikin aku stres wong nggak bisa. Tapi bisa2nya ya praktikum dan makulnya dapat A juga. Hihihi, gatau deh nilai darimana. Legnkap infonya, tengkyu.. salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak Widya. Matkul praktikum memang sangat seru karena berhubungan langsung dengan alat. Instrumentasi industri lumayan ribet heheh

      Delete
  17. Dari beberapa peralatan elektronik yang telah di sebutkan, hanya 4 alat yang belum aku punya., ya karena aku sering membutuhkan alat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Timah, solder dan multimeter harus punya lo wkwkwkwk

      Delete
  18. Kayaknya dirumah sih lengkap. Soalnya bapaknya kakak ipar dulunya kontraktor dan perlengkapan yang kecil kecil diangkutin ke rumah sama kakak.

    Aku cuma gak paham cara makenya. Taunya fungsi butter, catut pokoknya yang alat elektronik tapi bisa dipake multifungsi πŸ˜…πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada buku panduannya yang pasti mbak. Diinternet juga banyak tutorialnya

      Delete
  19. Wah peralatan wajib pas kelas 1 smk :D

    Untung yang mahal kaya bor, power supply sama muktimeter engga disuruh beli juga, tapi emang penting sih ya buat enginner listrik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya beli multimeter yang jenis kw sekitar 50rb an karena saya pakainya juga kadang2. Tapi kalau dirawat dengan baik multimeter kwpun bisa tahan lama.

      Delete
  20. kalau saya barang yang paling sering dibawa dalem tas laptop itu palingan obeng, tang, tespen, cutter, ma selotip. biasa kalau lagi kumat mau bongkar-bongkar lepi kan lebih gampang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul sekali barang-barang yg kita pakai sehari-hari pun harus kita rawat dengan baik seperti contoh laptop sendiri heheh

      Delete
  21. saya baru tau ada penyedot solder, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyedot timah / solder penyedot mas. Ada banyak sekali dipasaran.

      Delete
  22. iya ya sepertinya peralatan elektro yang ada dirumah belum selengkap rekomendasiannya nih.

    perlu memperlengkap koleksi dong nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo bisa dibeli dan dipilih-pilih Mang. Tapi saya belum jualan heheheh

      Delete
  23. waduhhh. Hampir asing semua sama benda bebda ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh alat diatas memang identik dengan engineer.

      Delete
  24. hampir semua ada nihkecuali PCB doang soalnya susah banget nyarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ada banyak sekali ditoko elektronika apalagi dikota-kota besar

      Delete
  25. Yang aku punya di rumah cuma bor sama obeng aja, Mas. Itu juga bukan aku yang make.
    Eh tapi aku punya cutter di meja kerja aku buat motong kertas-kertas, dan punya tang potong buat bikin aksesoris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cutter fungsinya memang buat memotong kertas hehehe. Saya pilih cutter karena memang lebih efisien untuk memotong jalur2 pada papan rangkaian

      Delete
  26. Aku dulu anak SMEA kan ya,
    Tapi gaulnya sama anak anak STM,
    alhasil aku sering banget liat temen-temen ku mainin barang-barang elektronik kek gitu.
    Tiap hari pasti ada aj abawaanya kalo ga soldier ya bawa kabel,
    agak gokil sih qwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus itu mas jadi saling sharing secara tidak langsung. Malah sekarang anak-anak STM juga bisa bersaing lo

      Delete
  27. Ajiib lengkap bet, peralatan yang cowok banget nie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan tapi kurang lengkap dikit. Iya benar sekali peralatan diatas memang identik dengan cowok. Tapi cewek juga ada yang pernah memakai loo heheh

      Delete
  28. Wah, aku belum punya semua nih, Mas, palingan obeng aja ..hehe
    Soalnya beli sesuai kebutuhan. Tapi semua alat diatas serasa tak asing, soalnya banyak teman dekatku anak-anak SMK..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obeng walaupun terlihat sepele dan kecil harus wajib dimiliki mas. Rata-rata peralatan elektronik menggunakan sekrup mur baut untuk mengencangkan casingnya

      Delete
  29. Obeng sama tang, sih, punya. Selalu. Ehehe. Dulu kayaknya Bokap juga punya beberapa alat yang buat solder itu. Entah sekarang ke mana. Kayaknya dipinjem tetangga terus nggak dibalikin. -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang mas Yoga anda bisa beli lagi tapi ya nanggung masa harus beli lagi. Mendingan segera diminta mas Yoga.

      Delete
  30. buat yang suka otak atik barang2 elektronik pasti alat alat diatas wajib dipunyai ya mas, kalau dirumah saya paling cuman obeng sama tang saja kalau btuh yang lain spt solder dll ditetangga ada jhahah soalnya dirumah yg ahli banget pakai alatnya jugA blm ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk bisa aja mas. Peralatan diatas bisa dipakai sesuai kebutuhan dan tidak harus semuanya dimiliki :)

      Delete
  31. Wah... kalo ibu2 kayak aku paling butuh cutter buat prakatya anak2 hihihihi..tapi punya sih 1 set tool kit ala Krisbow gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cutter kayaknya ada dimana-mana deh. Buat prakarya biar lebih presisi hasilnya lebih baik memakai cutter. Btw Krisbow tool yang paling lengkap setau saya

      Delete
  32. Sungguh banyak kegunaan dari barang-barang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak sekali mas Mirwan apalagi toolbox bisa dibuat nyimpan barang apa saja selain peralatan elektronika.

      Delete
  33. kalo ak dirumah cuma ada obeng, tang Dan alat solder, boleh ne ditambah lagi kelengkapannya yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas biar lengkap peralatannya

      Delete
  34. solder , tang buaya , timah , obeng dari berbagai ukuran yang saya punya mas, untuk kedepanya mungkin harus ditambah lagi agar semakin lengkap guna suatu saat ada perlunya. oky tankyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas. Bisa ditambah atau digunakan sesuai kebutuhan agar semua peralatan dapat berfungsi sebagaimana mestinya hehe

      Delete
  35. alat-alatnya persis seperti koleksi milik suami saya mas, tapi sayang sejak kami punya anak "kreatif", banyak yang hilang karena berpindah tempat. Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang juga kalau sampai hilang. Salam kenal juga mbak Lia

      Delete
  36. obeng serbaguna emang serbaguna tapi kadang kualitas-kualitas di pasaran itu loh, bikin keki T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus pintar memilah dan memilih barang dan jangan lupa memakai prinsip ekonomi

      Delete
  37. sebagai cewek, familiar beberapa alat tapi ga ngerti otak atik elektronika, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Elektronika cukup rumit khususnya dalam hal pemakaian / pengoperasian suatu alat. Misalnya kalau sampai salah menempatkan polaritas alatnya bisa rusak heheh.

      Delete
  38. Bekerja di bidang elektronik ya mas? Hehe
    Kalau aku yang ada di rumah cuma tang, obeng, sama cutter/pisau hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh
      Sudah lumayan itu sudah lumayan mas khususnya untuk jaga-jaga harus buka casing ini itu.

      Delete
  39. baaru tau lho ada alat penyedot solder, jaman SMA praktek elektronik solderanku nggak rapi banget, melendung sana sini, mau dirapiin nggak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya dulu waktu pemula hasil solderan juga jelek banyak yang gosong. Gampang cara memebersihkannya bisa langsung disedot.

      Delete
  40. Dulu waktu masih Sekolah lengkap banget peralatan elektronikku om, tpi skrg gak pnya hihihi, paling cma tespen, obeng sama solder doang yg ada skrg di rmh ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes pen menurut saya juga penting khusunya dalam dunia kelistrikan. Barangnya simple dan mudah dibawa kemana-mana.

      heheh

      Delete
  41. Setuju mas, tapi nyicil-nyicil dulu ni heehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak harus dimiliki semua mas sesuai kebutuhan. Nanti kalau terlanjur beli semua malah gak terpakai heheh

      Delete
  42. Oh kirain apa aja ya item item elektronik nya, ternyata hanya cutter yang saya tahu hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya cutter jarang tergolong sih tapi saya sering pakai buat potong-potong kabel akhirnya saya masukkan post aja heheh

      Delete

Moderasi komentar berlaku untuk postingan yang lebih lama dari 3 hari. Silahkan berkomentar πŸ˜„